Senin, 25 Oktober 2010

Profil HMJ Matematika Integral

PROFIL HMJ MATEMATIKA


HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan) Matematika merupakan salah satu Organisasi Mahasiswa Intra Kampus (OMIK) yang berdiri di bawah naungan Dekan Fakultas Sains dan Teknologi. Organisasi ini lahir atas dasar kesamaan latar belakang dan tujuan yang tercermin dalam kegiatannya. Sesuai dengan pasal 4 Job Description HMJ Matematika, disebutkan bahwa seluruh kegiatan HMJ Matematika adalah dalam upaya mengemban aspirasi mahasiswa matematika yang dapat dipertanggungjawabkan kepada Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM). 


Dalam kegiatan sehari-hari, HMJ Matematika dijalankan oleh pengurus inti yang terdiri dari ketua umum, sekretaris umum, bendahara dan 3 ketua bidang dengan masing-masing sekretarisnya. Dibantu oleh lima devisi, meliputi Devisi Kematematikaan dan Devisi Penalaran yang bergerak di bawah pengawasan Ketua Bidang I. Devisi Penerbitan dan Jurnalistik yang berkarya di bawah koordinasi Ketua bidang II, serta devisi Public Relations dan Devisi Pengembangan Minat dan Bakat (PMDK) yang dibidangi secara teratur oleh Ketua Bidang III. 


Jiwa dari HMJ Matematika tercermin dalam kesatuan yang dinamakan Devisi Kematematikaan. Devisi ini bertanggungjawab dalam pengembangan potensi mahasiswa dalam matematika. Berbagai usaha dilakukan, mulai dari weekly study club, Mathematics Quiz sampai dengan kompetisi matematika bertaraf nasional yang sering dikenal dengan nama KOMET (Kompetisi Matematika) yang merupakan refleksi kepedulian mahasiswa matematika terhadap eksistensi generasi-generasi matematika di berbagai wilayah di tanah air.  


HMJ Matematika turut berupaya dalam peningkatan sikap kritis mahasiswa terhadap fenomena sosial, keislaman dan sains. Hal ini terbukti pada program kerja Devisi Penalaran yang mengagendakan Bakti Sosial Akbar yang memadukan misi sosial, keislaman dan sains untuk mengisi kekosongan libur semester di daerah tertentu. 


Adapun kreativitas mahasiswa dalam bidang jurnalistik juga tidak kalah pentingnya. Devisi penerbitan dan jurnalistik (P&J) dengan kelincahan penanya menindak lanjuti aspirasi kawan-kawan mahasiswa dalam bentuk majalah dinding Integral, Polling Integral dan Buletin Matrix. Untuk meningkatkan kemampuan tulis menulis, devisi ini juga menyiapkan pelatihan jurnalistik, tidak hanya bagi mahasiswa tapi juga bagi guru se-Malang Raya dan sekitarnya dengan harapan dapat bersama-sama mengajak anak didiknya sebagai calon mahasiswa masa depan untuk membudayakan menulis.


Senada dengan hal itu, Devisi Public Relation turut merangkul mahasiswa se-Malang Raya yang memiliki perhatian lebih terhadap matematika. Kegiatan Taaruf Mahasiswa Matematika di Malang menjadi agendanya selain Taaruf Mahasiswa Baru. Kegiatan lainnya, diagendakan di akhir masa jabatan, dalam rangka transformasi informasi adalah studi aplikatif ke berbagai perusahaan ternama sebagai bentuk pengaplikasian materi kuliah dan pembuka wawasan dunia kerja bagi sarjana matematika murni.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar